5 Tips Menghemat Baterai Android

Sistem operasi Android menawarkan banyak fitur menarik, termasuk WiFi, GPS, dan aplikasi yang tak terhitung jumlahnya. Sayangnya, banyak fitur yang bisa membahayakan daya baterai perangkat Anda dan menyebabkannya terkuras dengan cepat. Untungnya, ada beberapa trik sederhana yang bisa Anda coba untuk memperpanjang umur baterai perangkat Anda.

1. Hidupkan mode hemat daya.
Untuk sebagian besar perangkat, yang harus Anda lakukan adalah menggesek ke bawah dari atas layar untuk membuka menu. Geser ke samping sampai Anda menemukan opsi penghematan daya, lalu pilih.
Mode hemat daya mungkin memperlambat telepon Anda sedikit.
Jika Anda mendapatkan pemberitahuan instan dari aplikasi media sosial, pesan tsb akan berhenti sampai Anda membuka aplikasi.

2. Matikan WiFi, Bluetooth, dan GPS jika Anda tidak menggunakannya.
Semua fitur tersebut menggunakan daya baterai, meski Anda tidak menggunakannya. Misalnya, pemancar jaringan nirkabel akan terus mencari koneksi nirkabel secara reguler asalkan sudah dihidupkan. Fitur ini menggunakan daya baterai, meskipun Anda tidak mem-browsing internet. Untuk mematikan fitur ini, cukup gesek ke bawah dari bagian atas layar Anda. Gulir ke samping sepanjang menu, dan mematikan fitur wifi, bluetooh ataupun GPS tsb.

3. Matikan semua aplikasi yang tidak Anda gunakan.
Menutup aplikasi dengan menekan tombol back atau home tidak cukup; Aplikasi dapat terus berjalan di latar belakang dan menguras daya baterai. Anda harus mengakses aplikasi terbaru dan latar belakang perangkat dan menutupnya secara manual. Ini biasanya akan memastikan tidak berjalan di latar belakang dan menggunakan daya baterai.

4. Letakkan telepon Anda pada mode standby saat Anda tidak menggunakannya.
Cukup tekan tombol power dan pilih mode Standy maka layar akan menjadi gelap. Ini akan mengurangi daya baterai. Untuk meninggalkan mode standby, cukup tekan tombol power lagi; Anda mungkin harus membuka kunci ponsel Anda setelah “wake-up” dari mode Standby

5. Matikan fungsi getaran telepon.
Mematikan fungsi vibrate pada telepon dapat menghemat daya baterai. Tekan tombol volume atas dan bawah sampai Anda mendapatkan mode getar. Sebaiknya juga mematikan mode getaran untuk pesan teks juga. Anda harus membuka Setelan Anda, lalu ke “Suara & Tampilan”. Jika Anda tidak dapat menemukan pengaturan untuk pesan di sana, masuklah ke “Applications,” dan kemudian “Messages”. untuk mematikan fungsi vibrate setiap ada pesan baru.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.