Sejarah Singkat Televisi

televisi mekanikLayarkaca21 – Televisi dapat ditemukan di miliaran rumah di seluruh dunia. Tapi 100 tahun yang lalu, tidak ada yang tahu tentang televisi. Bahkan, sampai akhir 1947, hanya beberapa ribu orang Amerika yang memiliki televisi. Bagaimana teknologi terobosan seperti itu beralih dari penemuan lampau ke masa sekarang?

Sebelum televisi listrik muncul, hanya ada televisi mekanis. Televisi awal ini mulai muncul di awal 1800-an. Melibatkan pemindaian gambar secara mekanis lalu mentransmisikan gambar-gambar itu ke layar. Dibandingkan dengan televisi saat ini, televisi masa lampau sangat tidak sempurna.

Salah satu televisi mekanis pertama menggunakan disk berputar dengan lubang yang disusun dalam pola spiral. Perangkat ini diciptakan secara independen oleh dua penemu: Penemu Skotlandia John Logie Baird dan penemu Amerika Charles Francis Jenkins. Kedua perangkat itu ditemukan pada awal 1920an.

Sebelum kedua penemu ini, penemu Jerman Paul Gottlieb Nipkow telah mengembangkan televisi mekanis pertama. Perangkat itu mengirim gambar melalui kabel menggunakan disk logam yang berputar. Alih-alih menyebut perangkat televisi, Nipkow menyebutnya sebagai “teleskop listrik”. Perangkat itu memiliki 18 baris resolusi.

Pada tahun 1907, dua penemu dari Rusia Boris Rosing dan Inggris A.A. Campbell Swinton menggabungkan tabung sinar katoda dengan sistem pemindaian mekanis untuk menciptakan sistem televisi yang sama sekali baru. Pada akhirnya, upaya awal para penemu ini akan menghasilkan televisi listrik pertama di dunia beberapa tahun kemudian yang dikenal sebagai televisi elektronik

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.